Acara Berbuka Puasa Bersama Dalam Kegiatan Nuzulul Qur’an

Banda Aceh – Masyarakat Gampong Lamdingin Kecamatan Kuta Alam, pada bulan puasa kali ini kembali menyelenggarakan kegiatan Nuzulul Qur’an, dimana dalam salah satu rangkaian kegiatannya adalah buka puasa bersama. Buka puasa bersama kali ini diselenggarakan pada 23 Ramadhan 1443 H, atau tanggal 22 April 2022. Adapun penyelenggaraan buka puasa bersama dipusatkan dilokasi pembangunan masjid Al-Abrar yang baru.

Terlihat jelas antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, dengan membawa sajian berbuka berupa hidangan dalam bentuk talam maupun berupa sumbangan nasi kotak dan sumbangan penganan lainnya. Tercatat ada 9 (sembilan) hidangan dalam bentuk talam dan 135 dalam bentuk nasi kotak.

Terlihat salah satu warga yang bernama Safrian mengantarkan hidangan dalam bentuk talam ke masjid Al-Abrar Gampong Lamdingin, dimana talam yang dibalut kain bewarna kuning tersebut ternyata adalah talam dari linto/dara baro.

“Nyoe hidang dari linto baroe beuh” ujar Bapak safrian.

Anak kandung Amiruddin Asyek ini membawa hidangan dari Linto Baroe yang bernama Ahmad Ervan, S.Kom yang sebelum Ramdhan telah melangsungkan pernikahan di Gampong Ie Masen Kaye Adang Banda Aceh.

Terlihat juga Bapak Keuchik Gampong Lamdingin bersama, tuha peut, dan perangkat desa lainnya, ikut berbaur melayani warga masyarakat yang mau berbuka puasa bersama. Dalam kesempatan lainnya, juga Keuchik bersama Tengku Imam Gampong juga terpantau sedang menemani dan melayani jamuan anak yatim sekaligus menyerahkan secara simbolis santunan kepada 29 orang anak yatim berlokasi di balai desa gampong, sebelum dana santunan terakhir diserahkan pada 27 Ramadhan nantinya.

Terlihat juga pemuda dari Gampong Lamdingin turut memeriahkan dan membantu kelancara acara berbuka bersama tersebut, yang aktivitasnya dimulai dari siang tadi dengan kegiatan gotong royong membersihkan area tempat kegiatan dan pemasangan alas berupa karpet atau plastik untuk tempat duduk para warga, serta instalasi penerangan listrik, mengingat area tempat acara tersebut masih belum ada instalasi listrik.

“Semoga kegiatan buka puasa bersama ini mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT, serta semoga di tahun depan kita masih di berikan umur yang panjang dan rezeki untuk dapat menyelenggarakan hal serupa serta menjalin silaturrahmi sesama warga Gampong Lamdingin.

Kegiatan buka puasa bersama ini, didukung oleh adanya kegiatan sajian 3 (tiga) buah “kuah beulangong” hasil dari kontribusi warga Gampong Lamdingin dan para donatur lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan Nuzulul Qur’an ini puncak acaranya ditutup dengan tausiyah dari Tgk. H. Umar Ismail, yang merupakan salah satu da’i kondang yang ada di Kota Banda Aceh yang sebelumnya diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh ananda kita Helmi dan laporan dari ketua panitia Nuzulul Qur’an, Bapak Nourchalis, SE.