Lomba Festival Anak Sholeh Gampong Lamdingin dari Mahasiswa KPM DRI-5 UIN Ar-Raniry

Banda Aceh – Mahasiswa UIN Ar-Raniry KPM DRI 5 yang berjumlah 19 orang, dalam rangkaian tugas pengabdian mereka yang bertempat di Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, pada bulan Ramadhan 1443H ini telah menyelesaikan salah satu kegiatan yang menjadi prioritas mereka yaitu lomba Festival Anak Sholeh yang digelar pada tanggal 9-10 April 2022.

Acara perlombaan yang diadakan selama dua hari bertempat di kompleks masjid Al-Abrar Gampong Lamdingin ini, mendapat tanggapan dan respon yang luar biasa dari masyarakat Gampong Lamdingin, mengingat situasi peserta lomba dalam keadaan berpuasa.

Harapannya, kegiatan yang dilaksanakan dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan kemampuan dan keterampilan anak, dimana tema yang diusung kali ini adalah Membentuk Generasi Islam di Era Millenial.

Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat dari Rumah Inovatif-5 (KPM DRI-5) yang sudah berjalan 3 (tiga) minggu itu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, baik dari Keuchik Gampong, para ustadz/ustadzah TPA, perangkat gampong dan juga masyarakat Gampong Lamdingin.

Kegiatan KPM DRI-5 UIN Ar-Raniry kali ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan dalam format daring (dalam jaringan), dengan kegiatan dan jam yang berbeda dari KPM sebelumnya. Hal tersebut mengingat situasi Kota Banda Aceh yang masih dalam kondisi siaga dikarenakan dampak covid-19 masih belum terkendali.

Pelaksanaan kegiatan KPM DRI-5 UIN Ar-Raniry bertempat di Gampong Lamdingin ini sendiri, dimulai dari tanggal 7 Maret 2022 s.d. 17 April 2022, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 19 orang.

Adapun jenis perlombaan yang diadakan pada kegiatan Festival Anak Shaleh ini terdiri dari perlombaan azan, lomba hafalan ayat-ayat pendek dan juga lomba mewarnai.

“Dari 3 jenis kegiatan perlombaan yang diadakan ini, tujuan yang kita harapkan adalah dapat membentuk mental anak, mengarahkan pada karakter yang Islami, menumbuhkan rasa percaya diri, kesabaran dan kejujuran, serta sikap dan sifat yang bernilai positif.” ujar Dewi Hajar selaku ketua KPM DRI-5 Gampong Lamdingin.

Pelaksanaan kegiatan ini juga diharapakan bisa memotivasi dan menumbuhkan nilai keagamaan pada diri setiap anak melalui rangkaian perlombaan yang mereka ikuti.

Kegiatan yang diikuti oleh 80 orang peserta ini, ditutup dengan diumumkannya para juara dari ketiga kategori lomba serta pembagian hadiah kepada para juara. Dimana dalam proses penutupan, Kechik Gampong Lamdingin ikut memberikan apreasiasi kepada para mahasiswa KPM DRI-5 ini atas segala jerih payah dan upaya untuk membantu dan memberikan kontribusinya kepada Gampong Lamdingin.

“Semoga tali silaturahmi yang sudah ada selama ini, tidak terputus dengan berakhirnya masa tugas dari adik-adik mahasiswa sekalian” ujar Zakky selaku Keuchik Gampong Lamdingin.