Pemerintah Gampong Lamdingin Berikan Santunan Anak Yatim serta Faqir Miskin

Pemberian santunan Pemerintah Gampong Lamdingin kepada anak yatim dan faqir miskin melalui Baitul Mal Gampong berjalan lancar. Pemberian santunan dilaksanakan pada 27 Ramadahan 1443 H kepada 26 anak yatim yang terdiri dari 9 (sembilan) orang jenjang SMA/SMK dan 17 orang jenjang SD/SMP. Pemberian berlangsung di halaman Masjid Al-Abrar Gampong Lamdingin, Kota Banda Aceh ba’da shalat Dzuhur. (29/04/2022).

Santunan anak yatim yang berasal dari warga masyarakat juga di apresiasi oleh warga luar yang menjadi jamaah di masjid Al-Abrar dengan ikut berkontribusi menyedekahkan sebagian rezekinya kepada mereka.

Walau dengan durasi yang sangat pendek, proses kutipan santunan anak yatim oleh masing-masing ulee jurong ini cukup mendapat respon yang baik dari masyarakat gampong dan warga sekitar masjid.

Adapun secara umum, santunan kepada jenjang SMA/SMK sebesar Rp.1.000.000/jiwa dan untuk jenjang SD/SMP sebesar Rp.1.650.000,-. Dimana terdapat sedikit perbedaan santunan kepada anak yatim yang belum memiliki kartu keluarga dimana kepada jenjang SMP hanya diberikan sebesar Rp.1.000.000 dan perbedaan kepada penerima santunan yang baru terdeteksi berdomisili dan memilih menetap dan memiliki kartu keluarga di Gampong Lamdingin diberikan santunan sebesar Rp.676.000.

Adapun peruntukan zakat kepada senif faqir kepada 56 KK (139 jiwa) sebesar Rp.500.000 per KK dengan penambahan Rp.30.000 per jiwa. Sedangkan untuk kategori miskin sebanyak 45 KK (159 jiwa) miskin dengan pemberian santuan sebesar Rp.300.000 per KK dengan penambahan Rp.20.000 per jiwa. Dimana pemberian santunan diperuntukan kepada warga dari 4 (empat) dusun.

Acara penyerahan zakat dan santunan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Muhammad Al-Ghifari, yang dilanjutkan laporan dari ketua Baitul Mal Gampong Lamdingin Drs. Tgk. Miksalmina dengan pembawa acara Tgk. Hasanuddin, S.HI. yang dilanjutkan dengan sambutan dari Keuchik Gampong Lamdingin Zakky M. Kasem.

Dalam sambutannya, Keuchik Gampong Lamdingin memberikan semangat dan motivasinya kepada anak-anak yang telah kehilangan orangtuanya tersebut untuk tetap bersemangat, tidak berputus asa, dan tetap menjaga shalat dan sungguh-sungguh dalam bersekolah.

“Jangan putus semangat anak-anakku. Semoga kalian semua menjadi anak sukses yang membanggakan orgtua, bangsa dan negara,” ujarnya.

“Kepada Baitul Mal Gampong, mohon untuk tetap menjaga amanah yang telah diberikan agar para muzakki yang sudah menginfaqkan sebagian dari hartanya benar-benar nyaman dan tidak ragu dalam pengelolaan baik zakat, infaq maupun sadaqah,” pungkasnya.

Keuchik Gampong Lamdingin berharap anak yatim piatu tetap semangat dalam merangkai mimpi-mimpinya dan semoga bantuan santunan kepada anak yatim dan piatu ini mampu membantu meringankan beban anak-anak yatim dan piatu.

Acara yang ditutup dengan do’a demi keberkahan dan ridha Allah SWT tersebut dibacakan oleh Ustadz Chairul Rafiqi, Lc., MA dan setelah acara seremonial selesai ditutup dengan pembagian santuan baik kepada anak yatim maupun kepada senif faqir dan miskin yang berhadir pada acara tersebut melalui ulee jurong masing-masing khusus untuk santuan faqir dan miskin, sedangkan untuk santuan anak yatim diserahkan langsung oleh ketua seksi santunan anak yatim.