Warga Gampong Lamdingin mulai Shalat Tarawih Ramadhan 1443 Hijriah

Banda Aceh – Sebagian besar masyarakat Gampong Lamdingin terutama dari empat dusun, mulai melaksanakan Shalat Tarawih, dan akan mulai berpuasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah pada Sabtu besok, 3 April 2022.

“Insya Allah, malam ini kita menunggu keputusan pemerintah tentang tanggal ketetapan dimulainya 1 Ramadhan, sehingga bisa kita putuskan apakah taraweh bisa dilaksanakan pada malam ini,” ujar Imam Gampong Lamdingin dalam penyampaian singkat beliau di depan jamaah, selepas shalat Magrib di Masjid Al Abrar, Banda Aceh, Jumat, malam.

Seperti diketahui, penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Minggu, 3 April 2022, merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat sore, yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Suasana menjelang shalat tarawih malam pertama, sempat diawali dengan turunnya hujan yang lumayan deras. Namun Masjid Al Abrar tetap dipadati jamaah, baik laki-laki maupun perempuan. Hingga shalat Isya berakhir hujan sudah berangsur reda, sehingga kekhawatiran terganggunya pelaksanaan ibadah Isya dan Tarawih di bagian luar masjid, sudah bisa teratasi.

Setelah melaksanakan Shalat Isya, langsung dilanjutkan dengan khutbah dan kemudian Shalat Tarawih serta ditutup dengan Shalat Witir.

Khutbah malam pertama disampaikan langsung oleh Imam Gampong Lamdingin, Tgk. Miksalmina. Dimana dalam penyampaian beliau, selain penyampaian tata laksana dan dasar-dasar umum pelaksanaan ibadah di Masjid Al Abrar khususnya pelaksanaan Shalat Taraweh dan Witir, beliau juga mengulang fiqih singkat tentang pelaksanaan ibadah puasa.

Semoga puasa tahun ini, pelaksanaan puasa Ramadhan menjadi lebih nyaman. Mengingat masjid Al Abrar pada pelaksanaan puasa ramadhan tahun ini sudah dilengkapi dengan keberadaan pendingin ruangan, sehingga suasana sejuk dan jauh dari suara bising dari kipas angin seperti yang sebelumnya.