Peringatan Malam Nisfu Syakban di Gampong Lamdingin

Banda Aceh – Pada tahun 2022 ini, malam nisfu syakban atau bertepatan dengan tanggal 15 Syakban 1443 H, jatuh pada hari Jumat (17/03). Malam Nisfu Syakban diyakini umat Islam sebagai malam yang memiliki keistimewaan dibandingkan malam-malam biasa yang lain. Dimana sejarah mencatat, banyak peristiwa besar terjadi pada bulan Syakban. Misalnya, perpindahan arah kiblat dari Masjid al-Aqsha menuju Ka’bah (QS al-Baqarah: 144). Pada bulan Syakban juga terjadi peristiwa turunnya ayat Alquran yang menganjurkan kita untuk membaca shalawat (QS al-Ahzab: 56), dan Nabi Muhammad SAW juga menerangkan, proses diangkatnya catatan amal manusia juga terjadi tiap bulan Syakban.

Tujuan diadakan peringatan malam Nisfu Syakban ini di Gampong Lamdingin, Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh adalah untuk mengajak masyarakat memperbanyak ibadah dan mengingatkan masyarakat bahwa kehadiran bulan Ramadhan sudah semakin dekat, sehingga diharapkan masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci tersebut dengan suka cita.

Dimasjid Al-Abrar Gampong Lamdingin, tradisi malam Nisfu Syakban dimulai bakda Isya. Acaranya dimulai dengan shalat tasbih berjamaah yang diimami oleh Abdul Muthalib (Waled), dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin sebanyak, zikir dan ditutup dengan doa.

“Malam nisfu syakban adalah malam penuh ampunan. Mari maksimalkan setiapa ibadah kita seperti memperbanyak doa, istiqfar, pengajian, shalawat, sedekah dll. Insya Allah pahalanya akan dilipatgandakan. Syakban termasuk bulan yang dimuliakan. Rasulullah SAW sendiri menganjurkan agar banyak berpuasa sunah di dalamnya. Apalagi, dalam beberapa hari lagi sejak itu kita akan memasuki bulan suci Ramadhan.” pesan Waled.

Tradisi ini ditutup dengan makan makanan aneka kue, bubur kanji bersama-sama dan menikmati minuman yang telah disiapkan oleh panitia badan kemakmuran masjid Al-Abrar Gampong Lamdingin.