Kontingen Gampong Lamdingin Berhasil Menjadi Juara Umum Acara Festival Qur’ani ke III Se-Kecamatan Kuta Alam

Banda Aceh – Kontingen Gampong Lamdingin berhasil menjadi Juara Umum setelah meraih tiga prestasi pada beberapa kategori lomba yang diadakan pada acara Festival Qur’ani ke III se-Kecamatan Kuta Alam yang dibuka oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq yang digelar di Halaman Masjid Al-Furqan Gampong Beurawe.

Penyerahan piala Juara Umum diterima langsung oleh Keuchik Gampong Lamdingin Kota Banda Aceh, Bapak Zakky M. Kasem, yang diserahkan langsung oleh Ketua DPRK Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, ST. didampingi oleh Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Ridwan, S.Ag, M.Pd.


Festival Qur’ani ini merupakan salah satu ikhtiar yang diinisiasi dalam upaya membumikan dan menyiarkan Al-Qur’an, yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan sejak dini nilai-nilai Al-Qur’an sebagai cara kita untuk membentuk insan yang berkarakter islami di tengah era modernisasi dan digitalisasi hari ini.

“Kita berharap Festival Qur’ani ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan, akan tetapi mampu menumbuhkembangkan bakat dan kecerdasan spiritual serta mampu mendorong anak-anak kita untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup,” kata Farid saat menyampaikan sambutannya.

Ketiga prestasi yang ditorehkan oleh kontingen Gampong Lamdingin adalah pada Cabang Tilawah Putri, ananda Muthiah meraih juara 1, pada Cabang Tilawah Putra, ananda Hilmi meraih Juara 2 dan pada Juara 1 kembali dicapai pada Cabang Pidato Islami Putra oleh ananda M. Al-Ghifari.

Pada sesi sambutan sekaligus penutupan kegiatan Festival Qur’ani III, Farid menjanjikan kedepan nanti kegiatan ini bisa menjadi model dan dapat dilaksanakan dalam skala yang lebih besar, dari yang awalnya diperlombakan antar gampong se Kecamatan Kuta Alam menjadi kegiatan se Banda Aceh.

Harapannya akan semakin membumikan Al-Qur’an di kota Banda Aceh,” tutur Farid.

Pada kesempatan itu Farid, kembali menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banda Aceh, karena Festival Qur’ani yang ia inisiasi untuk ketiga kalinya dan dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam bekerja sama dengan Remaja Masjid Al-Furqan Beurawe.

Malam pengumuman sekaligus penyerahan juara berlangsung dibawah gerimis hujan, namun terlihat masyarakat cukup antusias untuk mengikuti acara tersebut. Selain Keuchik Zakky yang tampil dalam penerimaan juara umum, dari kontingen Gampong Lamdingin juga hadir Direktur TPA Syiah Kuala, Tgk. Hasanuddin, Ustadz Putra Ismuha dan beberapa ustadz ustadzah lainnya.