Belasan Pelaku UMKM Gampong Lamdingin Ikuti Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

Dalam rangka  meningkatkan  Sumber  Daya  Manusia  yang  kompentensi  di bidang Teknologi  Informasi  Komunikasi (TIK), Gampong Lamdingin menghadirkan belasan pelaku UMKM untuk mengikuti kegiatan  Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang dilaksanakan selama dua hari dimulai tanggal  25 – 26 Februari 2022 bertempat di Hotel Grand Permata Hati, dengan menghadirkan peserta  sebanyak 100 pelaku  Usaha Kecil Menengah, Sabtu ( 26/2/2022).

Adapun kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber  daya Manusia dan Penelitian  Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan  bekerjasama   dengan Pemerintah Kota Banda Aceh yang dalam hal ini melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh berlangsung dengan aman hingga hari penutupan ditengah ditetapkannya kembali Banda Aceh berada pada level 3 perberlakukan PPKM.

Kegiatan pembukaan DEA Batch IV kali ini dilakukan sendiri oleh Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh Fadhil S.Sos M.M.,  mewakili Walikota Banda Aceh. Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, M.Si. yang di wakili oleh Bapak Amal Hasyim S. Sos., Koordinator Tata Usaha BBPSDMP Kominfo Medan.

Pada kesempatan yang sama Walikota Banda Aceh yang di wakili oleh Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh, dari data Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, tingkat pertumbuhan UKM kita naik di era pandemik ini kurang lebih 16.000 jumlah UMKM. Ini menandakan jiwa wirausaha masyarakat Kota Banda Aceh itu besar. Tingkat pertumbuhan pariwisata naik 46% artinya peluang market dari luar itu datang kesini.

“Kami juga sangat mengapresiasi peserta hari ini banyak dari kalangan perempuan bahkan lebih besar dari jumlah peserta laki-laki. Ini menandakan bahwa kesetaraan gender dijamin di tanah Banda Aceh dan banyak para calon entrepreneurship dari kalangan perempuan Banda Aceh.” Kata Fadhil

Adapun beberapa pelaku UMKM dari Gampong Lamdingin yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan DEA tersebut antara lain Nurmalawati, Hasnah, Yusnizar, Nofiana, Jannati, Irfa Nurbani, Ina Raihana, Yanti, Desi Irayani, Fitriah, Maria Ulfa, Agustona, dan Marlina Yuliani. Selain bergerak di usaha kuliner/jajanan, beberapa diantara pelaku UMKM dari Gampong Lamdingin ini bergerak di bidang usaha reseller online, handycraft dan kostum.

Keuchik Gampong  Lamdingin, Zakky M. Kasem dalam kesempatan yang berbeda mengharapkan dengan diadakannya program pelatihan ini, nantinya peserta yang ikut ini bisa menularkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkannya selama pelatihan, kepada warga lain yang berprofesi sejenis, sehingga nantinya bisa mendorong dan membekali pelaku  usaha lainnya dalam menjalankan  bisnis lebih baik dan lebih efesien.